26 April 2022

Avatar

Sosialisasi dan Launching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Bebas Stunting

 

Deli Serdang - Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri Sosialisasi dan Launching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Bebas Stunting di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman, Medan, Selasa (26/4/2022).

Dalam sambutanya, Gubernur Edy mengungkapkan, wanita atau perempuan di Sumatera Utara sudah mengambil peran sama seperti para pria.

"Di Sumatera Utara ini masih terdapat beberapa kabupaten yang sangat berbahaya yaitu permasalahan tambang di Mandailing Natal (Madina), karena tambang emas tersebut menggunakan merkuri yang bisa sangat berbahaya karena menyebabkan besarnya angka kelahiran bayi dalam keadaan cacat," kata Gubernur.

Sementara itu, Kepala BKKBN DR (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG(K), merinci dalam proses pelaksanaan pencegahan dan pengurangan angka stunting di Indonesia, dan Sumatera Utara khususnya, harus berpedoman pada Peraturan Presiden (Perpres) No.59/2017.

"Dalam Perpres tersebut memuat lima pilar, antara lain komitmen di Sumut sudah sangat luar biasa untuk kampanye, massive information, konvergensi berupa pendampingan terhadap warga, harus bisa melakukan penyedian asupan makanan dan gizi yang baik, serta akurasi data, pengukuran harus sudah terakomodir mulai dari tingkat Posyandu," rincinya.

Avatar

Di kesempatan yang sama pula, Menteri PPPA, I Gusti Bintang Puspayoga menyampaikan konstitusi di Indonesia telah mengamanatkan tempat dan kedudukan yang sama bagi setiap warga negara. Hal ini berkaitan dengan peranan perempuan selama ini.

"Masalah PPPA, data dari aspek kesehatan, pendidikan dan ekonomi, masih terdapat pekerjaan rumah (PR) yang harus kita selesaikan. Secara nasional, perempuan mengisi 49 persen dari populasi Indonesia.

Turut serta mendampingi Wakil Bupati Deli Serdang, Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Ny. Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Ny. Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar, Kepala Dinas PMD Khairul Azman MAP, Kepala Dinas P3AP2KB Era Permata Sari SH MM dan sejumlah Camat dan Kepala Desa yg mewakili.

Berita

Copyrights © 2024 All Rights Reserved
Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang