13 September 2022

Avatar

Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022

Deli Serdang - Kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas hidup secara langsung.

Pesan ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang, Darwin Zein SSos di acara Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022 yang diselenggarakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Deli Serdang di halaman Sekolah Dasar (SD) Negeri 101901 Lubuk Pakam, Senin (12/9/2022).

Avatar

"Kesehatan gigi dan mulut tidak hanya berpengaruh terhadap rongga mulut serta fungsi penguyahan, namun juga derajat kesehatan gigi yang dipelihara dengan baik sejak dini, tentu akan berdampak terhadap perilaku dan perkembangan hidup di kemudian hari, khususnya pada anak anak sekolah," kata Sekda di acara yang mengangkat tema, "Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia" tersebut.

Masalah kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena bisa menyebabkan infeksi ke bagian tubuh lain, sehingga mengakibatkan menurunnya produktivitas hidup.

Avatar

"Pemerintah Kabupaten Deli Serdang akan terus mendukung kegiatan PDGI, khususnya Cabang Deli Serdang, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di Kabupaten Deli Serdang," tegas Sekda.

Di tempat yang sama, Pengurus Besar (PB) PB PDGI Bidang Pemberdayaan Masyarakat, drg Ismail Lubis MM, menyebutkan pelaksanaan Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2022 digelar secara nasional di 24 provinsi dengan jumlah sasaran itu 750 ribu anak mengikuti sikat gigi massal untuk mendapatkan rekor Museum Republik Indonesia (MURI).

"Sebelumnya, sikat gigi massal itu ada 450 ribu. Sekarang kita pecahkan dengan 750 ribu. Sumatera Utara menargetkan 30 ribu anak, ada 22 cabang PDGI di Indonesia yang melaksanakan kegiatan ini. Kick off-nya tadi sudah disampaikan di Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta," sebut dr Ismail. 

Hal senada juga disampaikan Ketua PDGI Deli Serdang, drg Dewi Rosita. Peringatan HKGN kali ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan sasaran lebih dari 500 ribu siswa sekolah dasar di 276 cabang kabupaten/kota.

Avatar

Turut hadir di acara tersebut, Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Deli Serdang, Ny. Herawati Darwin Zein.

Berita

Copyrights © 2024 All Rights Reserved
Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang